Motif Batik Indonesia Disukai Masyarakat Dunia

04/04/2016 17:28



Batik adalah karya budaya sudah ada sejak jaman dulu di kerajaan-kerajaan Indonesia. Dimana dulu, batik merupakan seni kerajinan lambang kebudayaan keluarga kerajaan, utamanya di pulau Jawa. Kini, kreasi dari batik tak lagi hanya digunakan oleh kalangan kerajaan, namun sudah banyak dipakai oleh banyak orang di semua kalangan.

Lihat saja karya desainer fashion batik Indonesia seperti Iwan Tirta, Dian Pelangi, Anne Avantie dan banyak lagi menghasilkan karya-karya batik yang banyak disukai dan dipakai oleh beberapa kepala Negara seperti Ratu Elizabeth II, Ratu Juliana dari Belanda, Ratu Sophie dari Spanyol, Nelson Mandela, bahkan Bill Clinton sang Presiden Amerika Serikat saat itu.

Motif batik pun kini banyak sekali variannya. Namun dari sisi akar budaya, pada prinsipnya pengaruh kuat seni batik ada pada motif tradisional yang paling banyak digunakan oleh keluarga keraton. Di masanya, batik menjadi sebuah produk tekstil yang bergengsi. Untuk wilayah daratan, yaitu Keraton  Mataram (Yogyakarta) dan Surakarta, banyak dikenal motif batik sogan. Sementara di wilayah pesisir, batik Cirebon lebih bervariasi karena biasanya memiliki motif makhluk laut dan adanya pengaruh seni Tionghoa. Selain itu, Batik pesisir juga mempunyai garis maskulin seperti bisa dilihat pada corak batik Mega Mendung.

Adapun pada batik sogan, dinamai demikian sebab pada awal mulanya proses pewarnaan pada batik ini  memakai pewarna alami yang diapatkan dari batang kayu pohon soga tingi. Motif Batik Sogan memang identik dengan daerah keraton di daerah Jawa yaitu Yogyakarta dan Solo, dimana motifnya pun biasanya turut mengikuti pakem motif-motif klasik keraton.

Bila dicermati, ada pula perbedaan antara batik sogan Yogya dan Solo, terutama dapat dibedakan dari warnanya. Biasanya sogan Yogya lebih dominan berwarna coklat tua-kehitaman dan putih, sedangkan pada batik sogan Solo cenderung berwarna coklat-oranye dan coklat. Semua itu menunjukkan bahwa kreativitas seni yang menjadi unsur kekayaan budaya Indonesia sudah ada sejak dulu kala.