Perkembangan Batik Mendorong Pariwisata

02/23/2016 07:25



Karya seni Batik sudah diakui dunia sebagai hasil seni budaya asli Indonesia. Warisan leluhur yang penuh keindahan dan nilai estetika ini patut dilestarikan. Mempertahankan keberadaannya merupakan salah satu cara untuk melestarikannya. Tetapi, tak salah pula jika batik juga dikembangkan dalam kerangka sebuah kreativitas. Dengan demikian, keindahan batik akan mampu berkembang di tengah karya seni modern sehingga tidak ketinggalan jaman.

Ragam kreasi seni batik bernuansa modern sering dijumpai dalam berbagai model pakaian. Dalam perkembangannya seni batik juga telah menunjukkan transformasi sebagai sebuah karya seni kreatif yang tertuang dalam berbagai bentuk dan produk. Aneka jenis kain, dompet, tas, sepatu, furnitur, dan produk lainnya. Hampir semua produk itu bisa dikreasikan dengan bahan batik sehingga menjadi produk yang unik dan menarik. Terlebih dalam dunia fashion, batik telah memiliki penggemar tersendiri yang cukup fanatik.

Selain trend fashion yang mendukung bisnis jual batik Indonesia dalam bentuk busana, saat ini cukup banyak daerah yang mendorong pariwisata dengan memanfaatkan batik. Diantaranya adalah dengan menyelenggarakan pameran, festival, atau karnaval yang bernuansa batik. Acara ini bahkan dijadikan pagelaran rutin yang menjadi ikon wisata di suatu daerah. Kota-kota yang menyelenggarakan festival batik diantaranya Jember, Solo, Jogja, dan masih banyak lagi kota yang menyelenggarakan acara serupa. Di dalam pagelaran tersebut, kreativitas dalam memanfaatkan batik sangat dibutuhkan karena biasanya disajikan cosplay atau peragaan kostum dengan tema tertentu. Dan bahkan beberapa saat yang lalu, pagelaran semacam itu juga diselenggarakan di luar negeri, untuk memperlihatkan keindahan seni batik sekaligus menarik minat para wisatawan untuk datang ke Indonesia, hingga makin mendorong dunia pariwisata.